KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH YANG EFEKTIF Oleh: Marianus Teti, S.Pd., M.Th
Kepala sekolah adalah seseorang yang mendapat amanat besar untuk mengelola penyelenggaraan layanan pendidikan dan bertanggungjawab dalam menjamin pelaksanaan proses pendidikan yang bermutu. Berkembang atau mundurnya pendidikan di dalam perusahaan tergantung manajerial dari seorang pemimpin. Kepemimpinan kepala sekolah sangat menentukan arah dan tujuan pendidikan dalam lembaga pendidikan sebagai suatu perusahaan.
Seorang kepala sekolah yang diangkat
adalah seseorang visioner dan memiliki tujuan yang mulia demi memajukan
pendidikan baik itu akademis (proses pembelajaran di kelas) maupun non akademis
(kegiatan ekstrakurikuler). Seorang kepala sekolah dipilih dan dilantik mellaui
suatu proses procedural yang berlaku yakni melului suatu penyeleksian dan
penilaian yang komprehensif.
Kepala
sekolah yang efektif adalah kepala sekolah yang mampu mengenal budaya
sekolahnya, baik karaktersitik maupun kemampuan akademis pendidik, kependidikan,
dan peserta didik. Kepala sekolah yang memahami budaya sekolah dapat menuntun
para peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan menuju visi besar kepala
sekolah dan lembaga pendidikan. Memajukan pendidikan hanya terjadi apabila
seorang pemimpin memiliki kompetensi manejerial yang baik.
Kepala
sekolah memegang peranan yang sangat penting dalam upaya mengembangkan sekolah
efektif melalui kepemimpinannya. Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi
dalam lembaga yang dipimpinnya bertanggungjawab penuh dalam segala aktivitas
pembelajaran dan kemajuan lembaga, baik itu dari segi akademis maupun non
akademis.
Kepala
sekolah tidak hanya diangkat untuk mengurus administrasi semata melainkan mampu
menjadi manejer yang baik demi mengelola perusahaan. Kepala sekolah harus
melepaskan dendam politik pribadi karena pengangkatan dirinya merupakan titipan
dari pejabat daerah.
Permasalahan
yang kerapkali terjadi dalam pengangkatan kepala sekolah adalah pengangkatan
karena titipan tim sukses dalam Pilkada. Hal ini dapat dilihat dari beberapa
kepala sekolah yang mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai kepala sekolah
hanya 3 tahun dikarenakan sudah purna bakti. Kepala sekolah sudah ditunjuk
setelah kemenangan Paslon dalam Pilkada. Hal ini sangat disayangkan sehingga seorang
kepala sekolah tidak memahami apa tugas yang harus dilakukan.
Kepemimpinan
kepala sekelah yang efektif dapat terjadi apabila dapat memahami karakteristik
dari seorang kepala sekolah. Menurut
Berdasarkan
ke dua pandangan di atas dapat dikatakan bahwa kepemimpinan kepela sekolah yang
efektif meliputi 9 point yaitu: 1) memiliki visi yang kuat tentang masa depan
sekolah; 2) memiliki harapan tinggi tentang kemajuan sekolah: Pendidik, Tenaga
kependidikan, dan Peserta didik; 3) memastikan pembelajaran berjalan efektif;
4) pemanfaatan waktu secara efeisien meminimalisasi stress dan konflik negatif;
5) mendayagunakan berbagai sumber belajar demi perbaikan pembelajaran; 6) memanfaatkan
informasi untuk mengarahkan perencanaan pembelajaran; 7) meningkatkan prestasi
belajar peserta didik; 8) melakukan evaluasi dan perbaikan secara
berkesinambungan; 9) menjadi inspirator.
Menjadi
kepala sekolah yang efektif adalah seorang kepala sekolah yang mampu
menjalankan 9 karakter di atas.
<script async
src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-7069608752095558"crossorigin="anonymous"></script>
Komentar
Posting Komentar